Memperkirakan Usia SSD

Memperkirakan usia SSD akan membantu kamu dalam menghadapi bencana SSD tidak terbaca. Mencegah kan lebih baik daripada mengobati, mempersiapkan kerusakan SSD dengan cara mencadangkan data didalamnya juga lebih baik daripada menggunakan recovery data.

SSD cukup baru di pasaran, yang berarti pabrikan masih mencoba mencari tahu berapa lama SSD akan bertahan. Vendor saat ini menggunakan tiga faktor berbeda untuk memperkirakan masa pakai SSD:
Usia SSD, jumlah total terabyte yang ditulis ke SSD dari waktu ke waktu (TBW), dan jumlah penulisan per hari (DWPD). Berdasarkan metrik yang vendor gunakan, jawaban atas pertanyaan “Berapa lama usia SSD?” tentu saja akan bervariasi.

Misalnya, usia SSD telah terbukti menjadi penentu yang berharga dalam kinerja dan umur panjangnya. Perkiraan saat ini menempatkan batas usia untuk SSD sekitar 10 tahun, meskipun umur SSD rata-rata lebih pendek. Faktanya, sebuah studi bersama antara Google dan University of Toronto menguji SSD selama beberapa tahun. Selama penelitian itu, mereka menemukan usia SSD adalah penentu utama kapan SSD berhenti bekerja. Para peneliti yang mengerjakan penelitian ini juga menemukan SSD harus kita ganti sekitar 25% lebih jarang daripada HDD.

Pengukuran dengan TBW

Cara lain untuk mengukur umur SSD adalah jumlah total terabyte yang ditulis (TBW) dari waktu ke waktu. TBW memperkirakan berapa banyak penulisan sukses yang dapat kamu harapkan dari sebuah drive selama masa pakainya. Ketika pabrikan mengatakan SSD mereka 150 TBW, itu berarti drive tersebut dapat menulis 150 terabyte data. Jika drive mencapai ambang batas, kamu mungkin perlu menggantinya. Karena setelah TBW mencapai limitnya, kecepatannya akan semakin berkurang dan tidak dapat menulis data kembali di SSD tersebut.

Pengukuran dengan DPWD

Drive Writes Per Day (DWPD) mengukur berapa kali pengguna dapat menimpa jumlah penyimpanan yang tersedia di drive setiap hari selama masa pakainya. Jika SSD memiliki kapasitas 200 GB dan dilengkapi dengan garansi lima tahun, misalnya, pengguna dapat menulis 200 GB ke drive setiap hari selama masa garansi sebelum gagal.

Namun, terkadang atau bahkan tidak jarang, sebuah SSD mengalami kerusakan sebelum mencapai limit TBW atau DWPD-nya. Apabila hal tersebut terjadi, kamu bisa menghubungi Tim Recovery Data Indonesia, agar kami bisa membantu kamu menyelamatkan data kamu dari SSD yang rusak tersebut.

Memperkirakan usia SSD

Itulah dua hal yang dapat menjadi acuan untuk memperkirakan usia SSD.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Konsultasi Gratis via WhatsApp

Klik lanjut WA
Halo,
Chat WA kami untuk
KONSULTASI GRATIS

Tim Recovery Data Indonesia
Khusus Penyelamatan Data di Hp, SSD, Harddisk dan Storage Media

Tim recoverydataindonesia.com
Khusus Penyelamatan Data storage Media Internasional

Recovery Data Indonesia

Alat PC3000 Ultimate Portable System
Investasi Alat 500 Juta
Legal Hukum PT dan integritas Alumni ITB, Data Aman.
Owner Alumni ITB
Amin Yahya Zefiansyah Nim ID 13314051
Fisika Teknik / Fakultas Teknologi Industri ITB

WA Konsul 1 0852-1234-6601
WA konsul 2 0852-1234-6602
WA konsul 3 0851-7429-4818
WA konsul 4 0851-7975-2590