Laptop Mulai Meninggalkan Harddisk

Banyak vendor laptop mulai meninggalkan harddisk pada laptop buatannya yang terbaru, sebut saja HP, Dell dan Lenovo.

Tahukah kamu, TechRadar Pro pernah melakukan sebuah riset pada website official vendor laptop seperti Dell.com, Lenovo.com, dan HP.com. Hasilnya, lebih dari 100 model laptop menunjukkan bahwa laptop terbaru mereka sudah tidak lagi menggunakan harddisk sebagai storage-nya. Permintaan laptop dengan hard drive menurun dan harga komponen (eMMC dan SSD) sudah lebih murah.

Harddisk sepertinya bakal mengikuti disk optik (CD/DVD) dan floppy disk sebagai storage utama pengguna komputer. Secara keseluruhan, bentuk storage 2,5 inci jelas sudah ketinggalan jaman, apabila dibandingkan dengan bentuk storage seperti M.2. M.2 tentu saja lebih cocok dalam penggunaan pada laptop yang semakin hari semakin tipis.

Meskipun laptop mulai meninggalkan harddisk sebagai storage utamanya, tapi harddisk masih ada di komputer desktop. Di mana komputer desktop memiliki ruang lebih luas untuk menyimpan ukuran harddisk, bahkan untuk yang ukuran 3.5 inchi sekalipun.

SELAMAT TINGGAL LAPTOP LEMOT

Harddisk secara spesifikasi kalah dari SSD karena jauh lebih lambat, lebih rapuh, lebih besar, dan menggunakan lebih banyak daya. Harganya yang lebih murah dan memiliki kapasitas yang besar, tetapi dengan begitu banyak penyedia penyimpanan cloud, kapasitas besar dengan cepat menjadi masalah, yang menjelaskan mengapa begitu banyak laptop memiliki SSD 64GB dan 128GB, terutama di pasar kelas bawah. Sebagai perbandingan: hard drive 2,5 inci dengan kapasitas terkecil memiliki lebih dari 500 GB.

Meskipun begitu, masih banyak laptop jadul yang menggunakan harddisk sebagai penyimpanan utamanya. Biasanya, harddisk tersebut sudah berumur lama, dengan kesehatannya yang rendah. Harddisk dengan kesehatan rendah, riskan terhadap kerusakan yang terjadi secara tiba-tiba. Sehingga, alangkah baiknya untuk backup data secara berkala ke harddisk yang lebih baik kesehatannya.

Namun, apabila harddisk tersebut tiba-tiba mengalami kerusakan, kamu bisa menghubungi Recovery Data Indonesia agar kami bisa membantu kamu memulihkan data berharga kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Konsultasi Gratis via WhatsApp

Klik lanjut WA
Halo,
Chat WA kami untuk
KONSULTASI GRATIS

Tim Recovery Data Indonesia
Khusus Penyelamatan Data di Hp, SSD, Harddisk dan Storage Media

Tim recoverydataindonesia.com
Khusus Penyelamatan Data storage Media Internasional

Recovery Data Indonesia

Alat PC3000 Ultimate Portable System
Investasi Alat 500 Juta
Legal Hukum PT dan integritas Alumni ITB, Data Aman.
Owner Alumni ITB
Amin Yahya Zefiansyah Nim ID 13314051
Fisika Teknik / Fakultas Teknologi Industri ITB

WA Konsul 1 0852-1234-6601
WA konsul 2 0852-1234-6602
WA konsul 3 0851-7429-4818
WA konsul 4 0851-7975-2590