Harddisk dan SSD Bekas

Ketika kamu hendak membeli sebuah wadah penyimpan, pasti pernah terbesit untuk membeli harddisk dan SSD bekas. Selain harganya yang lebih murah, toh fungsinya juga sama aja, dan pasti ga akan ada bedanya antara beli bekas dan baru, kalau udah rusak ya rusak. Apakah iya?

Komponen harddisk semakin dipakai semakin aus

Harddisk terdiri dari head aktuator yang mengakses data pada cakram yang berputar atau biasa kita sebuh sebagai platter. Platter terlapisi oleh bahan magnetik tipis, dan head aktuator menulis data dengan mentransfer muatan magnet. Platter diputar oleh spindel dengan kecepatan sangat tinggi (biasanya 7.200 rpm untuk hard drive desktop standar). 

Masing-masing komponen ini memiliki umur yang terbatas. Jika spindel berhenti bekerja, head aktuator dapat mengenai platter, mengakibatkan hilangnya data secara permanen. Jika head tidak sejajar, maka head tidak dapat mengakses data – dan dalam waktu yang cukup lama, piringan bahkan dapat kehilangan magnetnya, meningkatkan tingkat eror atau bad sector.

Hard drive modern memiliki umur yang diperkirakan sekitar 3-5 tahun, tetapi banyak juga yang bertahan lebih lama. Namun, tidak ada harddisk yang dapat berfungsi selamanya. Saat kamu membeli harddisk bekas, kamu mengambil risiko yang besar.  

SSD memiliki siklus baca tulis yang terbatas

Meskipun SSD tidak mengalami masalah keausan mekanis yang sama seperti harddisk, tapi tetap masa pakainya terbatas. Pabrikan menentukan masa pakai ini dalam total terabyte written (TBW). Masa garansi untuk SSD umumnya adalah sekitar 300 TBW. Saat drive sering kita gunakan, error data akan menjadi lebih umum — dan jika kamu membeli SSD bekas, kamu tidak memiliki jaminan bahwa SSD masih memiliki sisa masa hidup yang lama. Bisa jadi masih tersisa dikit, meskipun kesehatannya masih tinggi.

Beli Harddisk dan SSD Bekas Berisiko

Jadi, Beli harddisk dan SSD bekas sepertinya harus kamu perhatikan lebih lanjut. Terlebih, apabila kamu hendak menggunakan storage tersebut untuk jangka panjang. Namun, apabila kamu terlanjur membeli harddisk bekas dan rusak, kamu bisa hubungi Recovery Data Indonesia untuk kami bantu selamatkan data berhargamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Konsultasi Gratis via WhatsApp

Klik lanjut WA
Halo,
Chat WA kami untuk
KONSULTASI GRATIS

Tim Recovery Data Indonesia
Khusus Penyelamatan Data di Hp, SSD, Harddisk dan Storage Media

Tim recoverydataindonesia.com
Khusus Penyelamatan Data storage Media Internasional

Recovery Data Indonesia

Alat PC3000 Ultimate Portable System
Investasi Alat 500 Juta
Legal Hukum PT dan integritas Alumni ITB, Data Aman.
Owner Alumni ITB
Amin Yahya Zefiansyah Nim ID 13314051
Fisika Teknik / Fakultas Teknologi Industri ITB

WA Konsul 1 0852-1234-6601
WA konsul 2 0852-1234-6602
WA konsul 3 0851-7429-4818
WA konsul 4 0851-7975-2590