Makin Cepat Harddisk, Makin Cepat Rusak

Makin cepat harddisk, maka makin cepat rusak?

Makin cepat harddisk

Kecepatan harddisk diukur dalam revolusi per menit (RPM), dan drive yang lebih cepat dapat mengakses data dengan lebih efisien. Harddisk pertama berputar dengan kecepatan hanya 1200 rpm, tetapi seiring waktu, rata-rata rpm meningkat secara signifikan membuat makin cepat harddisk. Pembahasan ini mengarah pada pertanyaan menarik:

Bisakah drive yang lebih cepat bertahan selama drive yang lebih lambat?

Sederhananya, jika vendor harddisk telah merancang harddisk untuk operasi serta kondisi tertentu, maka harddisk seharusnya mampu untuk bekerja dalam operasi dan kondisi tersebut.

Tentu saja, jika semua harddisk didesain sama, maka makin cepat harddisk, makin cepat juga mengalami kerusakan. Karena pengoperasian yang lebih cepat menghasilkan lebih banyak panas dan membuat komponen menjadi aus.

Namun, tentu saja hal tersebut tidak terjadi, karena harddisk yang lebih cepat terbuat dari bahan berbeda yang dirancang untuk menangani beban panas dengan lebih efisien. Karena itu, harddisk yang lebih cepat cenderung lebih mahal. Namun, semua produsen hard drive utama menawarkan masa garansi yang sama untuk drive 5400 RPM dan drive 7200 RPM.

RPM akan meningkat secara bertahap dari waktu ke waktu untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Dan pabrikan telah meningkatkan teknik desain mereka untuk membuat harddisk yang lebih cepat tanpa mengorbankan keandalan.

Jika memang, makin cepat harddisk berdampak negatif pada masa pakai harddisk. Maka, seharusnya harddisk dengan kecepatan 7200 RPM atau lebih akan sering masuk ke tempat recovery data karena rusak. Faktanya, karena peningkatan dalam desain dan rekayasa firmware, drive yang lebih baru secara statistik lebih tahan lama daripada model yang lebih lama dan lebih lambat.

Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan harddisk dengan kecepatan 7200 RPM atau lebih akan mengalami kerusakan, karena usia yang tua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Konsultasi Gratis via WhatsApp

Klik lanjut WA
Halo,
Chat WA kami untuk
KONSULTASI GRATIS

Tim Recovery Data Indonesia
Khusus Penyelamatan Data di Hp, SSD, Harddisk dan Storage Media

Tim recoverydataindonesia.com
Khusus Penyelamatan Data storage Media Internasional

Recovery Data Indonesia

Alat PC3000 Ultimate Portable System
Investasi Alat 500 Juta
Legal Hukum PT dan integritas Alumni ITB, Data Aman.
Owner Alumni ITB
Amin Yahya Zefiansyah Nim ID 13314051
Fisika Teknik / Fakultas Teknologi Industri ITB

WA Konsul 1 0852-1234-6601
WA konsul 2 0852-1234-6602
WA konsul 3 0851-7429-4818
WA konsul 4 0851-7975-2590