Lakukan Hal Ini Ketika Harddisk Bunyi

Hal yang harus kamu lakukan ketika mendapati harddisk bunyi secara tiba-tiba, adalah tetap tenang dan jangan melakukan hal bodoh yang dapat merusak harddisk lebih parah.

Harddisk Bunyi

Bunyi klik, suara berdersing adalah gejala paling umum dari kerusakan harddisk. Bunyi ini menunjukkan bahwa satu atau lebih komponen mekanis hard disk telah rusak. Dan ketika harddisk kamu mulai mengeluarkan bunyi. Kamu harus bertindak cepat untuk menyelamatkan data didalam harddisk tersebut. Berikut adalah beberapa langkah penting yang harus kamu lakukan ketika hard disk mulai bunyi.

Matikan harddisk secepat mungkin. Bunyi klik terdengar saat hard disk tidak berfungsi dengan baik. Fungsi drive utama adalah untuk membaca dan menulis data dari hard drive yang berisi data kamu.

Jika head harddisk tidak berfungsi dengan baik, mereka dapat langsung mengenai platter dan menggoresnya. Hal ini menyebabkan hilangnya data secara langsung saat kepala menggores lapisan magnetik platter, menyebabkan kerusakan rotasi.

Semakin lama harddisk beroperasi setelah mengalami kerusakan mekanis, semakin besar kemungkinan kerusakan serius pada disk dan kehilangan data. Segera setelah kamu mendengar bunyi klik berulang kali, matikan hard disk tersebut.

Jangan pakai aplikasi pemulihan data! Karena alat komersial pemulihan data itu bekerja di tingkat sistem file. Aplikasi tersebut tidak dapat memperbaiki masalah media fisik, dan menjalankan program pemulihan data hanya akan memperburuk keadaan. Mending langsung bawa ke lab recovery data seperti Recovery Data Indonesia!

Buat daftar file penting. Ini membantu para teknisi untuk memprioritaskan penyelamatan terhadap file tersebut. File yang lebih besar lebih mungkin mengalami kerusakan sektor daripada file yang lebih kecil, tetapi teknisi dapat merekonstruksi data kamu jika hard drive dalam kondisi yang relatif baik.

Terakhir, tentu saja kamu bisa mengubungi Recovery Data Indonesia untuk berkonsultasi mengenai masalah yang kamu hadapi. Kami juga bisa membantu kamu menyelamatkan data berharga milikmu dari hard disk yang bunyi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Konsultasi Gratis via WhatsApp

Klik lanjut WA
Halo,
Chat WA kami untuk
KONSULTASI GRATIS

Tim Recovery Data Indonesia
Khusus Penyelamatan Data di Hp, SSD, Harddisk dan Storage Media

Tim recoverydataindonesia.com
Khusus Penyelamatan Data storage Media Internasional

Recovery Data Indonesia

Alat PC3000 Ultimate Portable System
Investasi Alat 500 Juta
Legal Hukum PT dan integritas Alumni ITB, Data Aman.
Owner Alumni ITB
Amin Yahya Zefiansyah Nim ID 13314051
Fisika Teknik / Fakultas Teknologi Industri ITB

WA Konsul 1 0852-1234-6601
WA konsul 2 0852-1234-6602
WA konsul 3 0851-7429-4818
WA konsul 4 0851-7975-2590