Aturan Backup 3-2-1, Penyelamat Data Nomor Satu

Aturan backup 3-2-1, mungkin istilah ini sangat asing untuk kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Namun, siapa sangka istilah ini menyimpan potensi prosedur backup data yang sangat aman bagi kita, para pengguna.

Di zaman serba digital seperti sekarang ini, banyak orang menyimpan foto dan dokumen penting miliknya secara digital. Foto pernikahan, kontrak kerja, dan video kenangan dari liburan keluarga, semuanya tersimpan dalam format 1 dan 0 pada sebuah storage. Masa bagi foto, tumpukan kertas dan gulungan film sebagian besar sudah berakhir.

Tapi apa yang terjadi ketika file digital dihapus? Kegagalan perangkat keras, serangan dunia maya, atau bahkan kesalahan pengguna yang bisa menghapus data dalam sekejap mata. Ketika kamu menyimpan kenangan pribadi atau file pekerjaan, k amu harus memiliki rencana untuk menghindari kehilangan file.

Untungnya, sekarang lebih mudah untuk mencadangkan dan menyimpan file kamu. Lindungi data kamu dan hilangkan kekhawatiran akan hilangnya dengan aturan backup3-2-1. Aturan 3-2-1 adalah praktik pencadangan data standar untuk memastikan bahwa data kamu aman dari kemungkinan kehilangan.

Miliki 3 backup atau lebih dengan aturan backup 3-2-1

Anda tahu pepatah klasik:
Satu baik, dua lebih baik, dan tiga adalah yang terbaik, terutam untuk penyimpanan data. Bagian pertama dari aturan 3-2-1 adalah memastikan kamu memiliki setidaknya tiga salinan dari semua file penting.

Salinan utama dan dua cadangan mencegah hilangnya data karena kesalahan pengguna, kerusakan perangkat penyimpanan, atau ancaman lainnya terhadap data tersebut. Redundansi tiga kali lipat ini mudah dicapai dengan beberapa perangkat penyimpanan dan opsi cloud, seperti Google Drive.

Sistem operasi komputer kamu juga harus memfasilitasi proses pencadangan tersebut. Windows Backup dan Mac OS Time Machine adalah program sederhana dan mudah digunakan yang mentransfer file kamu ke perangkat lain. Layanan cloud seperti Dropbox atau OneDrive juga menawarkan sinkronisasi data waktu nyata untuk menghindari aktivitas manual yang tidak perlu.

Apabila kamu memiliki masalah dengan data kamu, bahkan setelah kamu mencadangkannya ke perangkat lain, segera hubungi Recovery Data Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Konsultasi Gratis via WhatsApp

Klik lanjut WA
Halo,
Chat WA kami untuk
KONSULTASI GRATIS

Tim Recovery Data Indonesia
Khusus Penyelamatan Data di Hp, SSD, Harddisk dan Storage Media

Tim recoverydataindonesia.com
Khusus Penyelamatan Data storage Media Internasional

Recovery Data Indonesia

Alat PC3000 Ultimate Portable System
Investasi Alat 500 Juta
Legal Hukum PT dan integritas Alumni ITB, Data Aman.
Owner Alumni ITB
Amin Yahya Zefiansyah Nim ID 13314051
Fisika Teknik / Fakultas Teknologi Industri ITB

WA Konsul 1 0852-1234-6601
WA konsul 2 0852-1234-6602
WA konsul 3 0851-7429-4818
WA konsul 4 0851-7975-2590